Orang bilang mata adalah jendela dunia. Ungkapan itu tampaknya benar, karena dengan mata kita kita bisa melihat banyak hal di luar tubuh, di sekeliling kita. Sebagaimana mata dapat membawa kita mengetahui banyak keadaan di luar tubuh, ia juga bisa membantu kita untuk mengetahui keadaan di dalam tubuh kita dengan mengenali tanda-tanda yang terjadi padanya. Apa saja itu? Berikut kami rangkum berdasarkan Yahoo Health, 14 tanda pada mata yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan kamu.

7 Tanda pada Mata Ini bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Kamu

  • Alis yang Menghilang

Ketika kamu bercermin dan tiba-tiba mendapati bahwa sepertiga bagian dari luar alis kamu menghilang dengan sendirinya, padahal kamu tidak merasa pernah mencukurnya, maka kamu perlu waspada karena ini tanda dari gangguan kelenjar tiroid pada tubuh.

  • Bintitan

Jika kamu mengalami bintitan yang tidak mau sembuh selama lebih dari 3 bulan atau justru malah semakin besar atau bertambah di lokasi yang sama, kamu perlu khawatir ya, karena ini bisa jadi merupakan tanda dari kanker yang cukup langka bernama sebaceous gland carcinoma.

  • Mata Terasa Terbakar dan Pandangan Kabur saat Menggunakan Komputer

Kalau kamu mengalami mata perih dan panas serasa terbakar dan atau menjadi tiba-tiba kabur, ini adalah sebuah sindrom bernama ‘computer vision syndrom’ atau CVS. Yaitu sebuah sindrom yang terjadi akibat mata lelah dan tegang, disebabkan oleh kurangnya kontras pada layar komputer kamu, pencahayaan sekeliling yang kurang mendukung sehingga mata bekerja terlalu keras dalam berfokus pada piksel-piksel layar.

  • Terdapat Cahaya Berkilauan saat Kamu Memandang

Ketika memandang sesuatu dan kamu terganggu oleh blind spot atau seperti cahaya kilat yang berkilauan dalam pandangan kamu, padahal sebenarnya tidak ada, kamu perlu segera cek kesehatan mata kamu karena itu merupakan gangguan serius pada mata yang bisa jadi tanda awal kebutaan.

  • Putih Mata Berubah Kuning

Hal ini dikenal dengan penyakit kuning, yang berhubungan dengan fungsi organ hati. Banyak bayi yang baru lahir mengalami kuning pada matanya, dikarenakan fungsi hatinya yang belum berfungsi optimal. Tapi bisa juga terjadi pada orang dewasa dimana ini mengindikasikan adanya masalah pada organ hati seperti hepatitis dan gangguan pada kandung empedu.

  • Mata yang Tampak Menonjol

Penyebab paling umum dari mata yang terkesan menonjol adalah hiper-tiroidisme, yang terjadi akibat aktivitas berlebih atau kelebihan kelenjar pada tiroid kamu.

  • Pandangan menjadi Ganda, Kabur atau Kehilangan Penglihatan

Ini bisa jadi merupakan tanda-tanda awal dari serangan stroke, kalo kamu atau anggota keluargamu mengalami ini, dan punya riwayat hipertensi atau stroke sebelumnya, segera periksakan ke petugas kesehatan ya.

  • Pandangan Kabur juga Bisa jadi Tanda Diabetes

Seperti yang telah banyak diketahui oleh umum, bahwa diabetes membawa peningkatan resiko tersendiri pada beberapa masalah mata. Tapi yang paling umum adalah diabetic retinopathy, yaitu sebuah gangguan yang terjadi akibat diabetes yang diderita mempengaruhi sistem peredaran darah pada mata. Ini juga bisa jadi penyebab utama kebutaan pada penderita diabetes pada orang dewasa di Amerika.

Semua pasti setuju bahwa mata adalah karunia Tuhan yang sangat berharga, tapi sayangnya banyak yang tidak peduli dengan kesehatannya. Sungguh miris, bahwa sekarang ini  di Amerika, penyebab utama kebutaan pada orang dewasa adalah efek dari diabetes. Padahal 1 dari 4 orang Amerika mengidap diabetes, baik pra-diabetes maupun diabetes. Penggunaan komputer yang semakin meningkat seiring dengan berkembangnya jaman atau radiasi dari layar ponsel atau video, turut serta menjadi salah satu penyebab utama peningkatan masalah pada penglihatan diakibatkan oleh ketegangan dan kelelahan pada mata.

Apakah Penurunan Penglihatan Berhubungan dengan Usia?

Faktanya tidak. Tapi gaya hidup modernlah penyebab utama penurunan penglihatan sekarang ini, jika kamu tidak hati-hati dalam menjaganya. Untuk menjaganya kamu bisa menerapkan pola hidup sehat dengan diet seimbang, mengonsumsi asupan nutrisi untuk mata dan menjaga mata dari paparan radiasi agar tidak terlalu sering lelah dan tegang.  Demikian 7 tanda pada mata yang bisa jadi indikator kesehatan untuk melihat kondisi dalam tubuh.