Penting bagi setiap orang untuk menetapkan tujuan dalam hidup. Ini bisa menjadi proses yang menyenangkan dan mudah seumur hidup jika anak diajarkan penetapan sasaran pada tahap awal. Inilah alasan mengapa beberapa sekolah mempertimbangkan latihan penetapan sasaran pada awal mulainya, diikuti dengan melakukan review secara periodik.

Anak-anak hanya memiliki gagasan samar tentang menetapkan tujuan. Mereka terutama berfokus pada penghargaan ekstrinsik seperti menyenangkan orang tua mereka. Mereka perlu ditawari sebuah proyek yang membuat mereka bekerja untuk mencapai sesuatu yang pribadi, yang melibatkan aspek kesehatan seperti sosial, emosional, mental dan fisik.

  • Tetapkan tujuan cerdas

Suatu tujuan perlu diukur, spesifik, realistis dan tepat waktu agar efektif. Anak-anak lebih menyukai generalisasi dalam hal penetapan tujuan. Misalnya, seseorang mungkin ingin menjadi pemain basket terbaik di tim. Bagaimana tujuan seperti ini diukur? Apa sebenarnya tujuan seperti ini? Anda perlu meminta mereka untuk lebih spesifik. Mulailah dengan mencetak dua keranjang di setiap permainan (atau betapapun banyak, tetapkan sesuatu yang terukur!).

Bagaimana Mengajari Anak-Anak Menetapkan Tujuan

Dengan gol seperti ini, mereka bisa terus mendorong penghalang untuk mencapai gol yang lebih besar.

  • Tetapkan tujuan yang tidak didasarkan pada keadaan

Misalnya, meminta anak Anda untuk tidak menjadi marah pada adik mereka bukanlah tujuan yang terukur. Hal ini tampaknya lebih terkait dengan respons emosional terhadap saudara kandung. Jika Anda ingin tujuan menjadi efektif, keseluruhan proses penetapan tujuan perlu dilakukan dengan cara yang positif. Mintalah mereka untuk menghabiskan 30 menit dengan saudara mereka setiap hari sepulang sekolah. Menghabiskan waktu satu sama lain akan membantu ikatan mereka.

  • Tuliskan gol

Tip ini didukung oleh sains juga. Studi terbaru menunjukkan bahwa ketika tujuan dituliskan, individu tersebut kemungkinan akan mencapainya.

  • Menghadapi gol yang tidak realistis

Anak-anak memiliki kebiasaan untuk memilih tujuan yang sepertinya tidak mungkin dicapai. Anda perlu mengajari mereka konsep tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Anda perlu memberikan cek realitas anak Anda; Misalnya, jika anak Anda alergi terhadap kucing dan ingin memilikinya sebagai hewan peliharaan. Jika anak Anda menganggap NBA sebagai tujuannya, bantulah dia menetapkan sasaran yang sesuai dengan usia dan dapat dicapai.

  • Siapkan poin ulasan

Anda bisa mengajari anak Anda untuk menggunakan papan poster untuk memetakan tujuan mereka. Mintalah mereka menuliskan tujuan utama mereka di bagian atas poster. Mintalah mereka untuk menyebutkan langkah-langkah yang akan mereka ambil untuk mencapai tujuan mereka. Mintalah mereka untuk melacak kemajuan mereka sekali dalam seminggu atau bulan. Sangat penting untuk membantu anak-anak Anda memiliki sistem pos pemeriksaan sendiri. Bantu mereka mengembangkan sistem yang benar-benar bekerja untuk mereka.