Bagaimana Mengatasi Kepala Bayi Yang Sudah Terlanjur Peyang

Insiden bayi dengan bentuk kepala tidak teratur seperti pipih dibagian belakang tengkorak selalu bertambah di Amerika Serikat. Masalah bayi berkepala peyang ini bertambah mulai sejak negara itu mengampanyekan back to sleep atau posisi tidur telentang untuk menghindar sindrom kematian bayi mendadak atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

“Tidak ada kesangsian kalau saat kita jadi negara mulai mengampanyekan bayi untuk tidur telentang. Langkah tersebut bisa turunkan sindrom kematian bayi mendadak dengan penting. Namun, dengan berbarengan, insiden posisi plagiocephaly atau kepala bentuk asimetri yang dikarenakan oleh posisi tidur bayi selalu alami penambahan, ” kata Dr Sherilyn Driscoll, direktur kedokteran rehabilitasi pediatrik di Mayo Clinic Rochester, Minnesotta.

Driscoll menyampaikan, bentuk kepala asimetri pada bayi biasanya gampang untuk dikerjakan, namun penentuan saatnya mesti pas. Therapy mesti dikerjakan waktu tengkorak bayi masih tetap selalu berkembang serta sebelumnya tulang tengkorak kepala bayi menyatu serta daerah lunak (soft spot) pada kepala bayi tutup.

Kepala bayi peyang dengan bentuk asimetri mesti dikerjakan cepat. Satu diantaranya, kata Driscoll, lewat cara reposisi, yaitu membaringkan bayi dalam kondisi tengkurap serta bertumpu pada perutnya atau umum dimaksud tummy time serta merubah posisi tidur bayi (janganlah cuma satu bagian). Bila pendekatan ini gagal, therapy helmeting bisa menolong tulang tengkorak tumbuh dalam arah yang benar.

Driscoll menerangkan, pemakaian helm tidak ditujukan untuk memberi desakan atau kembalikan bentuk tengkorak kepala bayi.

Therapy helmeting paling efisien bila diawali pada umur 4 bln. hingga 6 bln.. Walau demikian, bila therapy ini baru dikerjakan waktu bayi telah meraih umur 1 th., tingkat kesuksesannya begitu kecil.

Jika orangtua temukan bentuk kepala bayi asimetri waktu berumur kurang dari 4 bln., Driscoll merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mengulas beberapa cara memosisikan bayi dan mengetahui kiat mengarahkan serta mengajak bayi memutar kepalanya pada bagian yang kurang rata.

Driscoll mengutamakan, bayi dengan bentuk kepala asimetri mesti memperoleh perlakuan dari dokter spesialis untuk memastikan apakah keadaan ini dikarenakan posisi tidur bayi yang salah atau sebab-sebab yang lain. “Ada sebagian penyebabnya lain yang kurang umum, seperti craniosyntosis, yang bisa mengakibatkan bentuk kepala asimetri, ” kata Driscoll.

Craniosynostosis adalah satu keadaan medis dimana pembentukan pada tulang tengkorak kepala pada bayi terbentuk dengan prematur. Hal semacam ini bisa mengakibatkan terjadinya ketidaknormalan pada bentuk tulang tengkorak kepala bayi.

beberapa langkah mencegahnya

Macamkan posisi berbaring bayi Anda diatas buaian atau waktu popoknya tengah digantikan pakaian atau popok hingga ia menggerakkan kepalanya ke lain arah.
Ketika tengah menyusui, pakai lengan kiri serta kanan yang Anda dengan bertukaran untuk menolak kepalanya

Yakinkan Anda sesekali menengkurapkan bayi supaya kepalanya tidak sangat lama tertekan. Dalam 8 minggu pertama, bayi mesti ditidurkan diatas perutnya minimum 5 menit dalam satu hari. Sesudah melalui saat itu, sesinya ditambah jadi tiga session per-hari yang berdurasi semasing 5 menit.

Bila bayi Anda rewel waktu ditengkurapkan, berbaringlah di dekat mereka, tengkurapkan diatas dada Anda atau angkat dia tinggi-tinggi sembari bermain “pesawat terbang”