Dalam masa emas pertumbuhannya, seorang balita membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk memaksimalkan daya kembang dan pertumbuhannya. Selain sayur, buah dan berbagai jenis sumber protein, wajibnya balita minum susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan berbagai zat lain yang hanya terkandung dalam susu.

Namun karena umur sudah lebih dari 2 tahun, nampaknya akan kurang pas apabila balita tersebut masih minum ASI. Oleh karena itu susu formula menjadi pilihan yang tepat.

Balita Minum Susu Formula Berikut Tips Memilih Susu Yang Tepat

Sayangnya, setiap orang tua kadang masih saja bingung bagaimana memilih susu formula yang tepat untuk anak kesayangannya. Nah berikut adalah tips tepat untuk memilih susu formula yang sesuai dengan anak Anda.

  1. Pilih jenis susu

Meskipun susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang begitu lengkap dan diwajibkan agar balita minum susu, akan tetapi tak sedikit pula balita yang mengalami alergi terhadap jenis susu tertentu, seperti susu sapi.

Jika demikian, maka carilah pengganti lain seperti susu kedelai. Kandungan susu kedelai pun tak kalah lengkapnya dengan susu sapi. Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis susu lain seperti susu bebas laktosa yaitu gula yang terkandung pada susu.

Sehingga dalam susu jenis ini biasanya pemanis akan diganti dengan bahan lain seperti sirup jagung. Nah susu jenis bebas laktosa sendiri sangat dianjurkan untuk anak yang mengalami intoleransi laktosa atau anak yang tak mampu mencerna laktosa.

  1. Lihat kandungan gizi

Karena disini balita minum susu formula yang sudah mengalami proses pengolahan cukup panjang, maka sudah dapat dipastikan apabila susu tersebut sudah mendapat berbagai tambahan bahan yang membuat kandungan nutrisinya pun berbeda satu sama lain.

Sebagai orang tua yang cerdas, Anda pun harus pandai memilih susu dengan kandungan nutrisi terlengkap dan tertinggi. Seperti kandungan zat besi yang tinggi, probiotik dan prebiotik, DHA dan ARA serta berbagai kandungan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan balita.

Itulah 2 hal pokok yang harus Anda perhatikan jika balita minum susu formula. Namun meskipun sudah memilih susu terbaik dan sesuai dengan kebutuhan balita, sering kali balita masih mengalami ketidak cocokan.

Terlebih lagi untuk balita yang masih dalam umur 6 bulan – 2 tahun, maka ketidakcocokan susu formula sangat rentan terjadi.

Nah untuk mengetahui apakah anak Anda tidak cocok dengan susu formula yang Anda berikan, biasanya akan muncul gejala-gejala seperti :

  • Diare
  • Muntah
  • Lemah dan cepat lelah
  • Lebih rewel

Apabila gejala atau tanda-tanda di atas muncul, sebaiknya segera anak Anda ke dokter dan pastikan apakah susu formula yang Anda berikan benar-benar tidak sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

Selain itu, bertanya langsung pada dokter juga akan mengurangi kemungkinan kesalahan lain seperti memilih susu lain yang ternyata juga tidak tepat.