Cara menghindari penyakit diabetes turunan kini telah diketahui oleh banyak orang karena banyaknya penderita diabetes di negara Indonesia. Menghindari diabetes pada awalnya dianggap sebagai suatu hal yang sulit dilakukan, karena kebanyakan orang memahami bahwa penyakit diabetes merupakan penyakit yang sulit disembuhkan.

Cara menghindari penyakit diabetes turunan

Diabetes atau yang biasa kita sebut sebagai penyakit gula merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak diderita oleh penduduk Indonesia. Disebut juga sebagai pembunuh secara diam-diam karena pada dasarnya penyakit diabetes tidak mudah terdeteksi gejala di masa-masa awalnya.

Penyakit diabetes apabila dibiarkan dalam jangka panjang akan sulit untuk disembuhkan bahkan parahnya penyakit diabetes dapat menyebabkan kematian. Gaya hidup tidak sehat merupakan salah satu penyebab datangnya penyakit diabetes, tak terkecuali yang dapat menyerang anak muda.

Misalnya kurang mengkonsumsi makanan berserat, terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung gula, kurang olahraga maupun aktivitas tubuh.Diabetes dapat diketahui dari gejala-gejala seperti sering merasa haus, kulit kering, sering buang air kecil, berat badan yang menurun walaupun nafsu makan meningkat, mudah merasa kantuk serta pandangan mata terlihat kabur seperti menderita rabun.

Yang paling sering dialami adalah munculnya luka yang tidak kunjung hilang dan tidak mudah disembuhkan. Apabila anda mengalami gejala-gejala tersebut ada baiknya jika anda segera konsultasi dengan dokter kepercayaan anda untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya penyakit diabetes dalam tubuh anda.

Dibawah ini cara menghindari penyakit diabetes turunan secara efektif :

Rajin Olahraga

Olahraga dapat menjadi cara menghindari penyakit diabetes turunanyang paling efektif karena kegiatan tersebut secara langsung dapat membakar lemak serta mengubah karbohidrat, gula dan juga kadar glukosa menjadi sumber energi. Karena jika dibiarkan lama, hal tersebut dapat mengendap dalam pembuluh darah ataupun berubah menjadi lemak yang pada akhirnya mengakibatkan obesitas.

Obesitas merupakan penyebab utama adanya penyakit diabetes turunan. Jagalah berat anda dalam keadaan berat badan yang ideal. Agar kesehatan anda terjamin dan terhindar dari berat badan yang berlebihan.

Kurangi mengkonsumsi gula

Menghindari penyakit diabetes turunan dapat diterapkan pada buah hati agar tidak menyesal di kemudian hari. Pada usia anak-anak, memang kebanyakan dari mereka pasti menyukai makanan dan minuman yang manis, padahal tidak selalu makanan manis yang mereka konsumsi baik untuk kesehatan mereka.

Salah satu dampak dari terlalu banyak mengkonsumsi gula adalah diabetes, yang dapat timbul akibat kebiasaan mengkonsumsi makanan manis dari gula. Apalagi jika anda sebagai orang tua telah menderita penyakit diabetes, maka tidak heran jika keturunan anda juga dapat beresiko mengalami penyakit diabetes turunan.

Mengkonsumsi air putih sudah pasti memiliki manfaat, selain dapat menyehatkan tubuh, air putih juga dapat menghindarkan diri dari minuman-minuman manis yang dapat menyebabkan diabetes. Sebaiknya mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari. Memperbanyak minum air putih dapat menjadi salah satu cara menghindari penyakit diabetes turunanyang sudah dikenal cukup ampuh.

Perbanyak konsumsi makanan berserat

Cara menghindari penyakit diabetes turunan dapat dilakukan dengan banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Ternyata serat memang sangat penting bagi kesehatan kita sehari-hari karena serat dapat berfungsi sebagai perangsang aktivitas saluran usus untuk mengeluarkan kotoran dalam tubuh yang tidak diperlukan. Serat bisa didapatkan dalam buah-buahan dan sayuran segar.

Biasakan untuk mengkonsumsi sayur dan buah-buahan sebagai makanan wajib sehari-hari anda karena hal tersebut dapat menjadi cara menghindari penyakit diabetes turunan. Jika anda tak menyukai sayur dan buah-buahan yang dimakan secara langsung, maka solusi terbaik adalah menjadikannya sebagai jus atau dengan mengkonsumsi suplemen vitamin yang mengandung banyak serat.