Daftar Oleh-oleh Khas Lombok yang Wajib Dibeli

Siapa yang tidak berlibur ke Lombok ? Lombok merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal akan sektor pariwisatanya. Pariwisata di Lombok terbilang sangat indah dan masih alami, sehingga tidak heran mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara.

Berwisata ke Lombok tentu belum lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas yang unik dan tidak ditemukan di wilayah lain. Terlebih lagi, oleh-oleh khas Lombok memang sangatlah banyak, muli dari harga murah hingga harga mahal sekali pun. Berikut daftar oleh-oleh khas Lombok yang wajib dibeli.

Kaos Lombok

Kaos Lombok merupakan salah satu oleh-oleh favorit kota Lombok. Pasalnya, kaos ini dimanfaatkan sebagai media promosi terkait pariwisata yang ada di Lombok. Kaos Lombok terbilang cukup bagus dengan desain yang menarik. Harganya pun sangat terjangkau karena masih berada di bawah Rp 100 ribuan.

Kain Songket Sasak

Oleh-oleh khas Lombok selanjutnya ialah kain songket sasak. Kain songket sasak merupakan jenis pakaian tradisional dari suku Sasak. Kain yang satu ini memiliki motif yang beragam dan biaanya berbentuk selendang.

Kain Tenun Sasak

Lombok juga terkenal dengan kerajinan tenun yang sangatlah indah. Oleh karena itu, tidak heran jika kain tenun sasak dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas Lombok yang banyak dicari oleh wisatawan. Semakin halus kain tenun yang dihasilkan, serta motif yang lebih cantik, harganya pun akan semakin mahal. Terlebih lagi, jika kain tersebut menggunakan benang emas.

Bagi Anda yang tertarik ingin membelinya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, dapat berkunjung ke sentra industri tenun yang terletak di Sukarara, Lombok Tengah. Tepatnya di Desa Sade dan Cilinaya Shopping Centre yang terletak di Kota Mataram.

Mutiara Lombok

Oleh-oleh khas Lombok yang tak kalah uniknya ialah mutiara lombok yang dihasilkan dari budidaya mutiara laut. Untuk dapat membeli oleh-oleh yang satu ini, tentu kocek yang perlu dikeluarkan terbilang cukup besar. Mengingat harga per gram dari mutiara tersebut dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Tak perlu khawatir menemukan oleh-oleh khas yang satu ini karena mutiara lombok dijual di berbagai toko perhiasan, art shop dan toko-toko lain di Lombok. Salah satu kawasan yang menjual mutiara bersertifikat ini ialah Desa Sekarbela, sebuah desa yang berjarak sekitar 4 km dari Kota Mataram.

Madu Sumbawa

Selain oleh-oleh berbentuk barang, Anda juga dapat membeli madu sumbawa untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Madu khas Sumbawa ini memiliki khasiat untuk kesehatan karena dihasilkan dari lebar liar. Madu Sumbawa tersedia dalam berbagai varian, yakni madu putih, madu berwarna coklat kekuningan, dan ada pula madu rempah. Madu rempah merupakan madu yang telah dicampurkan dengan aneka rempah sehingga memiliki rasa yang lebih berbeda dan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Susu Kuda Liar

Susu kuda liar juga dapat dijadikan sebagar daftar oleh-oleh yang wajib dibeli ketika berwisata ke Lombok. Susu kuda liar ini dihasilkan dari kuda-kuda yang hidup di alam bebas di Sumbawa.

Meskipun rasanya sedikit asam dan berbeda dengan rasa susu pada umumnya, rupanya susu tersebut memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Pasalnya, susu kuda liar memiliki rantai protein yang sangat mudah dicerna oleh organ tubuh. Selain itu, susu tersebut juga diklaim mampu meminimalisir pertumbuhan berbagai bakteri jahat yang ada pada pencernaan.