Inilah Gejala Bronkitis Yang Harus Anda Tahu Sebelum Terlambat

Memiliki gangguan pernapasan memang akan membuat hari menjadi tidak bersahabat, salah satu penyakit yang sering terjadi pada saluran pernapasan manusia adalah Bronkitis. Bronkitis yaitu infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan utama dari organ paru-paru yang menjadi penyabab terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran tersebut.

Banyak faktor penyebab Bronkitis seperti virus/bakteri, cuaca, akibat merokok atau udara kotor yang terhirup secara berlebih. Nah, Anda juga perlu mengetahui gejala apa saja yang bisa yang terjadi ketika mengidap penyakit Bronkitis, yuk simak:

  1. Batuk lama yang terjadi berminggu-minggu

Saat anda berada dalam keadaan tersebut, sudah seharusnya Anda berobat ke dokter dan menanyakan keluhan anda sekaligus memastikan apakah batuk tersebut normal atau merupakan gejala Bronkitis. Selain itu anda harus cukup waspada jika batuk yang anda alami mengeluarkan lendir kuning serta keabu-abuan, dan bukan lendir jenis kering ataupun berwarna jernih seperti kebanyakan.

  1. Demam yang dialami lebih dari 3 hari

Seseorang dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya lebih dari 37° Celcius, biasanya juga disertai dengan gejala seperti pusing, sakit kepala dan kelelahan. Saat mengalami demam lebih dari 3 hari, maka Anda perlu berobat dan berkonsultasi dengan dokter, mungkin saja demam yang sedang anda alami merupakan salah satu gejala Bronkitis.

  1. Dada terasa nyeri dan sesak napas

Saat anda merasakan sakit atau tertekan pada dada dan terasa nyeri seperti ditusuk dari bahu hingga ke tulang rusuk, maka perlu berhati-hati. Nyeri pada dada bisa mengakibatkan sesak napas yang akan mengganggu aktifitas sehari-hari. Jika Anda mulai merasakan gejala ini, maka sudah sepatutnya mengunjungi dokter dan berobat agar tidak semakin parah dan lekas diatasi.

  1. Kelelahan yang sangat

Manusia normal sering mengalami lelah akibat aktifitas sehari-hari yang dikerjakan, namun salah satu gejala Bronkitis ini terjadi saat Anda merasa tubuh anda sangat lemas.

Daya imun dalam tubuh juga ikut menurun, sehingga sering membuat Anda tiba-tiba pusing dan ingin pingsan.

Jika ini terjadi maka anda perlu istirahat cukup dan berobat ke dokter, karena mungkin itu merupakan gejala Bronkitis yang anda alami.

 

Nah, setelah mengetahui faktor dan gejala Bronkitis dan anda sekarang mungkin tengah mengalaminya, maka perlu pergi berobat.

Biasanya dokter akan meresepkan beberapa jenis obat yang membantu mengurangi gejala Bronkitis.

Obat yang sering dipakai adalah antibiotik yang tujuannya untuk mencegah risiko infeksi bakteri jika kekebalan tubuh andarendah.

Dokter juga akan memberikan obat batuk jika batukk yang anda alami mengganggu tidur Anda, namun obat batuk yang terlalu banyak juga tidak baik karena dapat melukai bronkus.

Dan apabila Anda mengidap bronkitis kronis, maka sangat penting untuk menjalani rehabilitasi dan terapi yang akan mengajarkan cara bernapas dengan lebih mudah.

Yang terakhir jangan lupa untuk berolahraga dan istirahat yang cukup.

Semoga bermanfaat.