Perkembangan Bisnis sebagai Inovasi Teknologi

Maraknya kegiatan bisnis saat ini memberikan peluang bagi para pengembang teknologi untuk membuat teknologi yang bisa digunakan untuk memudahkan kegiatan para pembisnis tersebut. Kegiatan bisnis yang dilakukan perusahaan besar sampai UKM(Usaha Kecil Menengah) dan UMKM (Usaha mikro, kecil, dan menengah) bahkan sampai orang-orang awam yang bersaing untuk mendapatkan keuntungan serta mendapatkan pendapatan dari usaha mereka. Namun, tak jarang dari mereka yang masih belum paham sistematika pencatatan keuangan dalam bisnis.

Utamanya dalam pencatatan keuangan melibatkan beberapa laporan sepeti laporan laba rugi, neraca, cash flow, juga laporan akhir. Serta kegiatan bisnis yang juga akan berpengaruh dengan laporan pembukuan seperti transaksi jual dan beli, faktur, produksi barang, dan banyak lainnya. Laporan ini diperlukan sebagai pemonitor keuangan yang masuk dan keluar terkait dengan bisnis yang dijalankan, serta mempermudah memantau laba yang didapatkan dari bisnis tersebut.

Jenis-jenis Software akuntansi

Jenis-jenis Software akuntansi

Teknologi Software Akuntansi untuk Bisnis

Kini tak perlu khawatir lagi karena pengembang teknologi sudah memanfaatkan kesulitan tersebut menjadi ladang keuntungan bagi mereka. Dengan maraknya pembisnis mereka menginovasikan software pembukuan yang bisa digunakan oleh akuntan profesional maupun orang di bidang keuangan untuk mencatat dan mengelola keuangan dengan mudah. Kini juga sudah banyak pilihan aplikasi pajak, pajak ukm, akuntansi ukm yang bisa menjadi alat bantu dalam bisnis tertentu.

Dengan banyaknya pilihan software akuntansi atau aplikasi keuangan kita juga harus mengetahui jenis-jenisnya sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal dan sesuai kebutuhan dalam mengatur pembukuan keuangan. Jenis-jenis software pembukuan antara lain:

  1. Software Paket / Paten
    Software ini memiliki fitur-fitur dalam pencatatan yang sudah sesuai standar yang merupakan paket yang paten dari pabrik pembuat dalam pencatatan pembukuan keuangan, jadi kita tidak dapat mengatur ulang / memodifikasi sistem pencatatan sesuai yang kita inginkan. Software standar ini mudah untuk digunakan dan relatif stabil sehingga baik digunakan bagi akuntan maupun orang awam yang diharuskan mengelola pencatatan keuangan. Selain itu software ini biasanya ditawarkan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.
  2. Software Customize
    Kebalikan dari software paket / paten, software ini memiliki fitur pencatatan yang lebih fleksibel dan dapat dimodifikasi / disesuaikan dengan kebutuhan pembisnis. Sofware ini lebih fleksibel untuk dikembangkan oleh pembisnis yang menggunakannya dengan resiko yang cukup besar. Juga, software ini memiliki harga yang lebih mahal karena pembisnis melakukan pengembangan dan dapat memodifikasinya sesuai kebutuhan.
  3. Software Paket + Custom
    Software ini merupakan gabungan dari teknologi di atas, dengan menggunakan modul pembukuan akuntansi standar yang juga bisa dimodifikasi sesuai aktivitas serta kebutuhan di luar modul standar yang ada. Memiliki stabilitas yang baik dan terjaga juga implementasi dari software digunakan secara cepat dan fleksibel karena kita juga dapat mengembangkan sesuai kebutuhan pengguna.

Aplikasi yang kami informasikan di atas merupakan software pembukuan yang berbayar dibuat dari pabrik software yang berkualitas. Namun saat ini tak jarang juga akuntansi atau aplikasi keuangan yang dapat digunakan secara online dan gratis.