Kumpulan Kue Tanpa Oven Dari Makanan Khas Jajanan Pasar

Kumpulan kue tanpa oven akan sering Anda temukan pada jajanan pasar yang ada di masing-masing daerah terutama masyarakat Jawa. Jajanan pasar memang salah satu makanan tradisional sepanjang masa.

Walaupun saat ini telah banyak di pasaran adanya roti dan cake modern, namun keberadaannya tidak bisa mengalahkan popularitas yang dimiliki jajanan pasar.

Setiap daerah yang berada di Jawa pasti memiliki jajanan pasar tradisional dengan rasa yang nikmat dan lezat sampai saat ini. Bahkan cara masaknya masih sangat sederhana. Anda juga dapat membuatnya di rumah dengan alat masak yang seadanya.

Berikut adalah beberapa kumpulan resep kue tanpa oven khas jajanan pasar tanah Jawa:

  1. Kue Bikang

Kue bikang mempunyai bentuk yang sangat cantik, yaitu mirip dengan bunga yang sedang mekar. Beberapa pedagang biasanya juga menambahkan pewarna makanan supaya tampilan dari kue akan semakin menarik.

Bikang merupakan kue yang asalnya dari Banyuwangi. Namun, kue bikang kini sudah dijual pada beberapa kota yang ada di Jawa Timur, diantaranya adalah Surabaya, Sidoarjo, serta Malang.

Bahan dasar yang digunakan dalam membuat bikang adalah tepung beras, tepung terigu, gula pasir, telur, tepung kanji, santan, serta pewarna makanan yang dapat disesuaikan dengan selera.

Selanjutnya, adonan biasnya dimasak pada wajan yang memiliki cetakan bikang. Kenikmatan akan Anda dapatkan ketika memakannya dalam keadaan yang masih hangat.

  1. Kue Perut Ayam

Kumpulan kue tanpa oven yang selanjutnya adalah kue perut ayam. Kue tradisional Jawa ini telah dipasarkan oleh para pedagang kue di pasar. Namanya yang unik yaitu kue perut ayam disebabkan karena bentuknya melingkar sama seperti bentuk dari usus. Tapi, kue yang satu ini tidak mengandung daging ayam.

Bahan dasar yang digunakan sebagai bahan dari kue perut ayam diantaranya adalah  tepung terigu, gula pasir, ragi, air kelapa, telur, serta baking powder. Lalu, semua adonan bari dimasukkan pada plastik segitiga.

Selanjutnya panaskan minyak goreng pada wajan. Gunting ujung plastik yang berisi adonan tuangkan adonan pada wajan dengan bentuk melingkar. Pada saat warnanya telah berubah coklat keemasan, maka tandanya kue perut ayam telah matang.

  1. Kue Mendut

Jangan pernah Anda melewatkan jajan pasar tradisional yang satu ini sebab rasa yang ada sangat legit dan juga nikmat. Kue mendut merupakan jenis kue tradisional khas Solo. Tapi, Anda pun dapat menemukan kue ini pada wilayah lain yang terdapat kawasan daerah di Jawa Tengah serta Jawa Timur.

Kue yang memiliki tekstur kenyal ini ternyata terbuat dari tepung beras. Lalu, di bagian tengahnya telah diisi dengan gula merah supaya rasanya lebih manis. Setelah masak semua maka kue mendut kemudian dibungkus menggunakan daun pisang serta menambahkan santan di dalamnya.

Beberapa kumpulan resep kue tanpa oven di atas adalah contoh dari jajanan pasar khas tanah Jawa, Anda juga dapat memilih dan membeli berbagai macam janjang tersebut di para penjual jajanan pasar.