Kemandirian anak – Siapa yang tak suka bila buah hatinya tumbuh besar dan menjadi sosok yang mandiri ? Tak usah ditanya, semua orang tua juga pastinya mengharapkan putra-putri mereka tumbuh menjadi anak hebat yang memiliki jiwa kemandirian tinggi. Kendati demikian, tentu Anda tak perlu terlalu keras dalam mendidik buah hati.

Kemandirian anak tak selamanya selalu diperoleh dari cara-cara keras dan menakutkan. Beberapa tindakan sederhana yang dilandasi kecintaan orang tua dalam mendidik ternyata justru sangat efektif untuk menumbuhkan kemandirian anak. Penasaran dengan hal sederhana apa saja yang bisa Anda ajarkan pada buah hati untuk melatih kemandiriannya?


Jurus sederhana latih kemandirian anak

1. Menumbuhkan rasa kepercayan diri anak

Tahap pertama yang harus Anda lakukan untuk membentuk kemandirian anak adalah dengan menumbuhkan kepercayaan dirinya. Adanya rasa percaya diri ini perlahan akan menumbuhkan rasa aman pada anak untuk melakukan sesuatu, dan karena itu pula kemandiriannya perlahan-lahan akan terbangun.

2. Memberikan tugas dan tanggung jawab

Hal sederhana berikutnya untuk melatih kemandirian anak adalah dengan memberikannya tanggung jawab pada hal kecil. Sebagai contoh, Anda bisa meninta buah hati untuk merapikan mainannya, meletakkan sepatu di tempatnya, atau mengganti seragam setelah pulang sekolah. Kebiasaan rutin seperti ini perlahan akan terinternalisasi dan membentuk kemandirian anak.

3. Memberikan contoh

Suka atau tidak, sebagai orang tua Anda harus memberikan contoh pada anak tentang hal apa saja yang sudah diajarkan. Misalnya, jika Anda meminta anak untuk selalu merapikan meja dan tempat tidurnya, maka Anda pun harus menjaga kamar dan ruang kerja supaya tidak berantakan. Ketidakselarasan antara apa yang Anda ajarkan dengan apa yang dicontohkan bisa menghambat proses pembentukan kemandirian anak.

4. Hindari paksaan

Seberapapun pentingnya kemandirian bagi anak, sebagai orang tua Anda juga tak bisa seenaknya memaksakan buah hati untuk melakukan segala sesuatu dengan sempurna. Anak membutuhkan proses dalam belajar, terlebih dalam hal menanamkan kemandirian. Adanya kesabaran dan ketelatenan Anda dalam menumbuhkan kemandirian anak akan jauh lebih efektif dibandingkan memaksa atau membebani buah hati melakukan sesuatu.

Keadaran orang tua tentang pentingnya melatih kemandirian sejak dini yang didukung dengan pemahaman terhadap psikologi anak akan sangat membantu buah hati untuk tumbuh menjadi sosok yang hebat serta mandiri. Latihlah kemandirian buah hati Anda secara perlahan tanpa harus membuat ia merasa tertekan atau trauma.