Siapa yang tidak kenal dengan madu, bahan makanan alami yang berbentuk seperti sirup dan memiliki rasa manis yang alami ini disebut-sebut sebagai bahan alami terbaik dalam pengobatan.

Seperti yang kita ketahui, madu ini diproses dari nektar bunga yang dihisap oleh lebah dan difermentasi secara alami dalam tubuh lebah.

Madu ini biasanya berwarna coklat keemasan yang dihasilkan dari nektar tanaman yang sudah tercampur dengan saliva atau air liur lebah. Hasil campuran yang telah terfermentasi ini biasa disimpan pada sarang lebah.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Madu ini mengandung senyawa seperti glukosa, fruktosa dan air. Kandungan senyawa nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral, termasuk niasin, kalsium, tembaga, riboflavin, zat besi, magnesium,potassium dan zinc juga terdapat dalam madu yang tentu memiliki banyak manfaat bagi kita.

Selain itu madu juga dapat bermanfaat sebagai antioksidan karena mengandung flavonoid dan asam fenolat.

Beberapa manfaat madu untuk kesehatan kita

Manfaat madu bagi kesehatan kita diperoleh karena madu banyak mengandung nutrisi dan zat aktifnya. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan beberapa manfaat madu yang perlu diketahui Anda :

  • 1. Membantu meredakan batuk

Batuk merupakan masalah kesehatan pada sistem pernafasan yang dapat sangat mengganggu bagi penderitanya. Batuk ini bisa saja menyeran siapa saja baik itu anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

Madu dapat membantu meredakan batuk karena mengandung senyawa aktif antibakteri dan antiviral.

Menurut ilmuwan dari Penn State College of Medicine yang telah melakukan studi atau penelitian dengan subjek 105 anak usia 2 hingga 8 tahun membuktikan bahwa madu dapat membantu meredakan batuk pada anak-anak yang menderita infeksi saluran nafas bagian atas apabila mengkonsumsinya selama 1 minggu.

  • 2. Mencegah diabetes

Penyakit diabetes ini merupakan penyakit yang sedang marak belakangan ini dan penyakit ini biasanya diakibatkan karena pola makan hingga pola hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes ini menyebabkan hormon insulin tidak dapat berfungsi secara normal yang berakibat tidak terkontrolnya kadar gula dalam darah penderitanya.

Hal ini diakibatkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis maupun mengandung banyak gula. Dibandingkan dengan gula pasir atau sukrosa maka madu ini merupakan makanan manis yang alami dan jauh lebih aman.

Oleh karena itu agar menjaga terkena penyakit diabetes Anda dapat mengganti gula dengan madu. Hal ini dapat menurunkan resiko penyakit diabetes dan mengendalikan kadar gula dalam darah.

  • 3. Memperbaiki fungsi saluran cerna

Dalam sistem pencernaan kita terutama bagian usus besar terdapat banyak bakteri baik yang membantu proses pencernaan kita.

Selain kaya akan nutrisi yang baik bagi kita, madu juga mengandung normal flora atau bakteri baik seperti bifidobakteria dan lactobacillus yang akn berperan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus besar kita guna proses pencernaan dalam tubuh kita.

Selain itu madu juga dapat menangkal bakteri pathogen seperti bakteri penyebab diare, Helycobacter pylori untuk menyerang saluran pencernaan kita.

  • 4. Menyembuhkan luka

Ternyata madu juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka dengan mengoleskannya pada luka, hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan madu seperti enzim glukosa oksidase yang mampu mencegah infeksi bakteri pada kulit yang terkena luka.

Madu juga mengandung senyawa pinocembrin yang bersifat sebagai antioksidan juga efektif dalam mencegah infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang akan memperparah luka.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa orang yang terkena luka dapat lebih cepat sembuh dengan mengoleskan madu dibanding menggunakan obat konvensional silver sulfadiazene.