Sekarang ini memiliki model rumah minimalis menjadi impian berbagai banyak pemilik rumah yang menginginkan tipe hunian yang nyaman namun dengan dana yang terjangkau.

Mengelola tipe rumah jenis ini tentunya sedikit lebih mudah dari tipe rumah dengan ukuran besar, namun perlu memperhatikan berbagai dari hal yang general ke hal yang spesifik, mulai dari tata letak ruang, perabotan hingga pemilihan cat dinding yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan.

Biasanya tipe rumah dengan ukuran minimalis hanya memiliki satu atau dua warna dominan pada keseluruhan rumah sehingga tidak terlihat begitu mencolok dan dapat terasa lebih luas.

Pemilihan warna cat rumah minimalis pun disesuaikan dengan selera si pemilik dan juga jenis-jenis barang apa saja yang ada di dalam rumah tersebut. Pemilihan warna yang sesuai dapat menjadikan hunian minimalis menjadi terasa lebih luas dan juga nyaman untuk ditinggali.

Memaksimalkan Rumah Minimalis

Rahasia desain maksimal yang dapat diterapkan di rumah minimalis adalah lewat pemilihan perabotan dan hiasan yang diletakkan di sebuah ruangan. Tentu ruangan Anda cenderung monoton dan dirasa kurang sempurna jika Anda tidak memaksimalkan rumah minimalis Anda. Cat rumah minimalis yang umumnya berwarna putih, hitam, atau abu-abu, dapat disulap lebih menarik lagi dengan melengkapi ruangan. Berikut ini adalah barang-barang yang bisa Anda pilih sebagai pelengkap ruangan di rumah minimalis Anda untuk memaksimalkan tampilan rumah Anda.

  1. Gunakan barang dengan tone warna perhiasan

Anda bisa menggunakan hiasan warna-warna yang menarik perhatian di atas meja maupun di dinding. Selain warna cerah, Anda tentu bisa memilih warna yang mengkilap atau bergemelap. Hiasan dengan aksen perhiasan seperti batu zamrud, rubi, atau safir menjadi pilihan yang tepat. Hal ini bertujuan untuk menambah rangsangan visual karena kilapan yang dihasilkan oleh batu-batu tersebut. Atau mungkin, Anda lebih memilih untuk menggunakan warna emas untuk dipadukan dengan warna dinding putih Anda. Semua pemilihan warna tone perhiasan yang dipadukan dengan aksen kayu akan lebih menonjolkan ruangan Anda.

 

  1. Keluarkan koleksi Anda

Memiliki rumah minimalis bukan berarti Anda harus menyembunyikan koleksi atau Anda malah bisa menambah koleksi Anda, selama barang tersebut berarti untuk Anda. Rumah minimalis bukan berarti Anda tidak boleh meletakkan banyak barang. Yang peling penting, pintar-pintarlah memilih barang yang akan diekspos di ruangan. Jika Anda memiliki tumbukan buku atau set piring atau gelas cantik yang sudah lama tidak dikeluarkan, Anda bisa menunjukkannya sekarang.

 

  1. Mural di dinding

Mural merupakan hiasan dinding yang sangat powerful. Dinding atau space yang polos akan menjadi ruangan bak negeri ajaib yang luar biasa ketika Anda menambahkan sebuah pemandangan. Pilihan gambar juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. Anda yang suka dengan hal yang natural, bisa menmbahkan pemandangan alam yang tropis. Anda yang suka dengan sejarah, Anda bisa mencontoh landscape bangunan-bangunan jaman dahulu di Eropa. Eksplor ide Anda untuk menemukan mural yang fantastis.

 

  1. Lengkapi dengan karya seni

Sejauh ini, hiasan atau pajangan yang banyak digunakan oleh pemilik rumah adalah barang-barang yang bernilai seni. Hiasan ini dapat berupa lukisan, patung, vas, atau gerabah yang disesuaikan dengan cat rumah minimalis Anda. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan karena Anda akan kehilangan esensi gaya rumah minimalis. Ini adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk memberikan kesan dramatis dipadukan dengan perabotan minimalis karena akan membangun lebih banyak intrik visual.