Memiliki momongan merupakan hal yang membahagiakan bagi biduk rumah tangga. Sebagai orang tua, mengetahui perkembangan anak merupakan hal yang penting. Pasalnya minggu-minggu awal dari lahirnya si kecil adalah masa dimana orang tua harus mengoptimalkan perkembangan tubuh si kecil, mulai dari pendengaran, penglihatan, gerakan, dan juga stimulasi yang bisa Ibu berikan untuk si kecil.

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan Yang Tak Boleh Bunda Lewatkan

Namun bayi juga memiliki perkembangan yang mungkin tidak disadari oleh sang ibu atau anggota keluarga lainnya. Nah, jadi Anda para Ibu atau calon Ibu juga perlu mengetahui dengan baik apa saja perkembangan bayi usia 2 bulan, yuk simak:

  1. Mampu Berkomunikasi

Pada bulan kedua bayi sudah dapat mengenali suara di sekitarnya, khususnya suara Ibunya. Bayi juga mulai membuat suara-suara, selain itu ia juga dapat memainkan ekspresi di wajahnya seperti ia akan menangis, takut, tertawa, senang dan juga mampu mengespresikan keinginan makan jika ia sedang lapar. Pada perkembangan bayi usia 2 bulan ini, orang tua dapat mulai mengajak anak bermain dan memberikan stimulasi agar bayi lebih aktif.

  1. Mampu melihat beragam warna

Di usia 2 bulan, bayi mulai dapat melihat beragam warna dari yang dulunya hanya bisa melihat warna hitam dan putih. Dengan penglihatan yang mulai jelas, maka orang tua dapat memperkenalkan anaknya pada warna-warna baru seperti dengan menggunakan buku gambar atau lukisan, dan dapat memberikan stimulasi tambahan dengan membiarkan bayi menyentuh mainan yang berbentuk dan berwarna.

  1. Mampu mengangkat kepala

Pada usia 2 bulan ini, bayi dapat mengangkat kepalanya hingga 45o saat sedang tengkurap. Nah, Ibu bisa memberi stimulasi tambahan dengan cara meletakkan bayi pada posisi telentang dan mengangkat kedua tangannya, bersamaan dengan itu kepala bayi akan ikut terangkat. Cara ini dapat membuat reflek bayi dan aktif bayi menjadi lebih baik.

  1. Mampu mengisap jari

Selain itu perkembangan bayi usia 2 bulan juga mulai terlihat saat bayi mulai dapat mengisap jarinya sendiri atau benda/mainan di sektiarnya, ini merupakan reflek bayi dalam mengisap. Tujuannya sebenarnya adalah menghibur dirinya sendiri, tak jarang ditemui bayi usia 2 bulan yang mampu mengangkat kakinya sendiri dan mengisap jari kakinya. Para orang tua harus sering melakukan stimulasi tambahan agar bayi tidak pasif.

  1. Mampu berguling-guling

Ini merupakan stimulasi tambahan yang dapat orang tua berikan pada si bayi. Letakkan benda atau mainan di sektitarnya dan biarkan ia tertarik dan mulai belajar menggapainya. Cara ini dapat merangsang pergerakan si kecil dan membuatnya mampu bergerak kasar seperti berguling-guling.

 

Nah, di atas merupakan perkembangan bayi usia 2 bulan yang bisa anda kenali dan pelajari dari sekarang, jangan lupa untuk memberikan asupan ASI dan nutrisi agar si kecil menjadi anak yang sehat dan kuat, dan jangan lupa untuk tetap memberikan pengawasan ekstra pada si kecil.