Tips Memotret di Kondisi Gelap dengan Kamera Canon 1100D

Pasti bagi kalian yang baru saja belajar di dunia fotografi pasti mengeluh saat melakukan pemotretan di tempat yang minim cahaya. Sebenarnya itu bukan sebuah masalah yang cukup besar, karena kalian bisa melakukan penyettingan pada kamera agar memiliki sinar yang cukup.

Namun sebelim membahasnya lebih jauh mari kita simak apa saja fitur yang ditawarkan oleh canon eos 1100d. Yang pertama kamera ini dilengkapi dengan sensor CMOS 12 MP dengan processor Digic IV, kamera ini mampu merekam video dengan resolusi HD 720p. Kamera Canon 1100D memakai model AF dengan 9 titik dengan ISO mencapai 64000. Meskipun fitur pada kamera canon ini paling rendah, namun kamera ini juga bisa menghasilkan gambar maupun video dengan hasil yang maksimal.

Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk setting kamera dslr canon 1100d sesuai dengan kebutuhan kalian, mulai dari ISO, Auto Focus, Flash hingga fitur yang lainnya. Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memotret di dalam keadaan minim cahaya atau bahkan gelap.

1. Gunakan Iso Tinggi

Hal yang satu ini sudah cukup umum di ketahui bahkan oleh para pemula sekalipun. Cara setting kamera canon di malam hari dengan menggunakan ISO memang cukup efektif jika di tempat yang minim cahaya, kalian tingga meninggikan ISO 800-64000 tergantung dengan tingkat cahaya yang diperlukan.

2. Mode Aperture Priority (A atau AV)

Cara memotret di malam hari tanpa flash selanjutnya yakni dengan menggunakan mode A/AV, karena mode ini cukup bagus juga untuk berbagai kondisi gelap. Saat memotret di malam hari atau minim cahaya, putar nilai bukaan ke angka yang kecil misal f/3.5 atau angka yang lebih kecil lagi. Semakin kecil angkanya maka semakin besar bukaan lensanya, sehingga mampu menghasilkan daya tangkap cahaya yang lebih untuk memotret di malam hari.

3. Perhatikan Arah Cahaya yang Jatuh ke Obyek Foto

Tips memotret dalam ruangan yang minim cahaya kalian bisa melihatjatuhnya cahaya ke obyek yang akan kalian foto. Misal jika kalian memotret orang perhatikan cahaya tersebut jatuh ke semua wajah secara merata atau hanya sebagian saja. Jika hanya sebagian, kalian bisa komunikasikan agar obyek untuk menoleh ke arah cahaya.

4. Continous Drive

Tak hanya memerhatikan jatuhnya cahaya saja, pengaturan kamera dslr dalam ruangan juga perlu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Fitur ini berfungsi untuk mengambil foto secara berturut-turut untuk mendapatkan hasil foto yang tajam.

5. Gunakan Flash/Lampu Kilat

Kalian bisa mengambil gambar/foto tanpa harus menyetting banyak di kamera. Dengan menggunakan flash kalian tidak perlu repot-repot men-setting aperture atau yang lainnya. Tips memotret malam hari dengan canon 1100d dengan menggunakan flash bisa dibilang cara yang cukup efektif dan cukup mudah. Hasil dari cahaya flash lebih merata dan lembut, dimensi obyek yang kalian potret juga lebih terlihat nyata dan alami.

Cara setting kamera dslr canon eos 1100d diatas bisa kalian coba ketika mengalami kesulitan mengambil gambar saat dalam keadaan yang minim cahaya. Selain itu masih banyak fitur lainnya yang membantu kalian untuk mengambil foto secara maksimal. Cara setting diatas bisa dibilang cara yang paling simple untuk menghadapi kondisi gelap.

Sedangkan untuk settingan kamera dslr untuk siang hari tidak jauh berbeda, kalian bisa mengatur tingkat ISO kalian agar lebih pas. Penempatan cahaya jatuh obyek juga salah satu yang paling penting selain setting kamera ketika kalian memotret saat siang hari. Terakhir yang perlu kalian ketahui adalah daftar harga kamera dslr canon sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.